Friday, June 1, 2012

Minuman-Minuman Segar Asli Indonesia

Inilah beberapa minuman-minuman segar asli Indonesia yang ada di sekitar kita. Jangan ngiler ya.. ^^


1. Cendol


Cendol merupakan minuman khas Indonesia yang terbuat dari tepung beras, disajikan dengan es parut serta gula merah cair dan santan. Rasa minuman ini manis dan gurih. Di daerah Sunda minuman ini dikenal dengan nama cendol sedangkan di Jawa Tengah dikenal dengan nama es dawet. Berkembang kepercayaan populer dalam masyarakat Indonesia bahwa istilah "cendol" mungkin sekali berasal dari kata "jendol", yang ditemukan dalam bahasa Sunda, Jawa dan Indonesia; hal ini merujuk sensasi jendolan yang dirasakan ketika butiran cendol melalui mulut kala tengah meminum es cendol.
Tepung beras diolah dengan diberi pewarna berwarna hijau dan di cetak melalui saringan khusus, sehingga berbentuk buliran. Pewarna yang digunakan awalnya adalah pewarna alami dari daun pandan, namun saat ini telah digunakan pewarna makanan buatan. Di Sunda cendol dibuat dengan cara mengayak kukusan tepung beras yang diwarnai dengan daun suji dengan ayakan sehingga diperoleh bentuk bulat lonjong yang lancip di ujungnya. Di Sunda minum cendol disebut nyendol.



2. Es Teler


Es teler adalah koktail buah di Indonesia. Alpukat, kelapa muda, cincau, nangka dan buah-buahan lainnya disajikan dengan santan, susu kental manis, daun Pandanus amaryllifolius (biasanya dalam bentuk Sirup Cocopandan), gula dan sedikit garam.
Ramuan ini, diciptakan oleh Murniati Widjaja yang memenangkan kompetisi pada tahun 1982 untuk menghasilkan minuman nasional bagi Indonesia



3. Es Campur


Kalo es ini isinya pasti campur-campur(namanya aja es campur) isinya biasanya roti, kelapa, alpukat, agar-agar, kolangkaling, tape, dan pastinya es.
Es campur ini pasti udah melegenda di indonesia dari sejak dulu kala. ^^



4. Es Pisang Ijo


Es pisang ijo memang cukup popular di banyak daerah selain di daerah asalnya Makasar. Karena emang rasanya yang seger, manis, dan mengenyangkan.
Es yang satu ini dijamin enak dan mengenyangkan. Paduan pisang dan tepung beras plus bubur, sirop dan es serut membuat es ini benar-benar istimewa. Cocok dinikmati saat udara panas dan perut lapar

5. Es Doger


Es Doger, jajanan es tradisional yang satu ini memang beda. Rasanya yang khas dan texture nya yang lembut membuat setiap orang yang mencicipi nya semakin tergila-gila.


6. Es Podeng


Salah satu menu penyegar untuk buka puasa adalah es podeng. Jenis es ini masih menjadi pilihan yang istimewa bagi banyak orang. Salah satu yang cukup ngetop adalah Es Podeng Gareng.
Kendati banyak bermunculan es krim modern, rasa es podeng tak kalah enaknya. Podeng sendiri berasal dari bahasa Madura yang berarti putar atau puter. Jadi es podeng disebut juga es puter.



7. Es Kopyor

Es kopyor yang terbuat dari kelapa ini rasanya manis dan ada rasa segarnya dari jeli strawberry, nikmat disajikan dingin. Pas banget deh untuk dijadikan hidangan penutup sewaktu berbuka Puasa, seluruh keluarga pasti suka.

8. Es Dawet Ayu


Dimana-mana es dawet ya sama aja. Seperti isi mirip cendol dari tepung beras atau tepung hongkwe. Isi es berwarna hijau dengan pemanis gula merah dan gurih santan. Tidak ada yang terlalu istimewa buat penulis mengenai es yang satu ini. Biasa dijajakan secara keliling dengan menggunakan gerobak ataupun dipikul.


9. Es Degan


Di wilayah Jawa Timur dan sekitarnya, minuman berjudul Es Degan adalah salah satu minuman terfavorit sepanjang masa. Di tempat lain, mungkin orang menyebutnya dengan istilah Es Kelapa Muda, dan tak kalah favoritnya sebagai minuman penyejuk dahaga di siang hari yang terik.


Sumber : sumber 

4 comments: