Tuesday, April 17, 2012

5 Tempat Paling Aman Menyimpan Data Selain FlashDisk

Ternyata ada cara lain yang bisa digunakan untuk menyimpan data-data kita selain di FlashDisk(FD). Jadi tak usah repot ketika kita kehilangan flashdisk, tak usah bingung ketika kehilangan data, dan lainnya!  Seiring berkembangnya zaman seiring berkembangnya pula tempat penyimpanan data dan dijamin, data kita akan aman tersimpan! Apa sajakah itu?

1. Email

Merupakan salah satu sarana komunikasi yang bisa kita gunakan untuk menyimpan atau menyalin data. Tidak ada yang menyangka kan jika suatu hari ketika kita hendak menyimpan atau menyalin data, terjadi keadaan mendesak seperti kita tidak punya flashdisk, lupa membawanya atau bahkan flashdiskmu tidak terbaca di komputer?

Caranya sangat mudah. Setelah kita membuka email, pilih “TULIS”. Lalu lampirkan data yang ingin kita simpan setelah itu pilih “SIMPAN”. Kemudian data kita pun otomatis akan tersimpan di “DRAFT” atau “KONSEP” di email kita. Kalau kita membutuhkannya, tinggal buka saja email kita lalu pilih konsep atau draft lalu kita tinggal mengunduhnya.

2. Facebook
Mungkin sebelumnya tidak pernah terpikirkan di benak kita bahwa facebook adalah salah satu tempat penyimpanan data yang bisa kita gunakan untuk menyimpan atau menyalin data. Selain catatan, ternyata kini pesan facebook juga bisa menjadi sarana penyimpanan data. Caranya adalah dengan membuka profil orang yang kita percaya (misalnya kakak, teman) lalu mengklik pesan. Kemudian klik gambar clip yang bertuliskan “LAMPIRKAN” yang ada di bawah pesan. Setelah itu lampirkan data yang ingin kita simpan dan kita katakan kepada orang yang kita kirimi pesan bahwa kita menyimpan data di pesannya. Kini data kita aman dan kita pun bisa tenang.

3. Blog
Siapa sangka blog bisa dijadikan sebagai sarana penyimpanan data, khususnya dalam keadaan mendesak? Namun memang cara yang dilakukan masih sederhana dan jenis data yang bisa disimpan juga terbatas. Untuk file .doc, kita harus mengcopy-paste terlebih dahulu dari file lalu menyalinnya di blog kita. Setelah itu kita menyimpannya di draft dan jika suatu hari kita membutuhkannya kita bisa membukanya kapan saja.


4. Dropbox
Dropbox diciptakan memang khusus untuk menyimpan data. Mungkin masih terdengar asing bagi sebagian besar orang. Namun perlu teman-teman ketahui bahwa dropbox bisa menjadi solusi yang tepat pengganti flashdisk. Dropbox? Apakah itu? Dropbox merupakan fasilitas dimana kita memiliki kapasitas simpanan sebesar 2 GB secara gratis di internet. Wih! Asik, kan? Sudah gratis, dapat 2 GB pula. Tidak puas? Tenang! Kita bisa menambahkan kapasitas hingga 50 GB (sebesar harddisk) dengan membayar $10 per bulan.




5. Share Media
Salah satunya adalah ziddu. Tidak jauh berbeda dengan dropbox, ziddu juga bisa menjadi alternatif lainnya. ziddu adalah salah satu situs yang menawarkan jasa penyimpanan file atau dokumen secara online dan gratis. File-file yang dimaksud bisa berupa file gambar, video, audio, zip, rar dan lain sebagainya. Kita bisa lebih leluasa menyimpan karena tidak ada batasan atau quota disk space dari ziddu. Hebatnya lagi, fasilitas upload bisa lebih dari 10 file secara bersamaan. Beberapa contoh lainnya adalah 4shared dan mediafire.




Itulah beberapa sarana di dunia maya yang bisa kita gunakan dalam menyimpan data, terlebih ketika kita dalam keadaan mendesak seperti tidak punya flashdisk, lupa membawa flashdisk, dan lain sebagainya. Semoga informasi ini bermanfaat buat kita semua..^^


Sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=13647680

No comments:

Post a Comment